Tiga Karakter Bendahara Yang Profesional



Bendahara. Tentu pikiran kita pasti langsung merujuk kepada orang yang memiliki tugas mengelola keuangan. Baik keuangan organisasi atau perusahaan dan sebagainya. Tidak semua orang dipercayakan untuk menjadi bendahara.

Setiap organisasi atau perusahaan tentu punya kriteria tersendiri bagi orang yang akan menangani keuangan organisasi atau perusahaan. Karena itu, supaya bisa mengelola keuangan organisasi atau perusahaan tidak diperlukan pengetahuan khusus, tetapi lebih dalam lagi dari hal itu, yaitu karakter.

Apa saja karakter yang perlu dimiliki oleh seorang bendahara?

Pertama, JUJUR

Kejujuran merupakan karakter yang sangat penting dan terutama harus ada dalam diri seorang bendahara. Sebab, kalau bendahara tidak jujur, tentu akan menimbulkan masalah. Bukan saja terhadap dirinya terlebih lagi kepada organisasi atau perusahaan yang mempercayakan tugas itu kepadanya. Nama baik dia dan keluarganya pasti tercoreng. Di sisi lain, orang lain juga dirugikan karena ketidak jujurannya dalam hal keuangan. Selanjutnya, organisasi atau perusahaan pasti juga mengalami kerugian.

Di era seperti sekarang ini, karakter jujur sepertinya menjadi barang langka yang sulit ditemukan dalam diri manusia. Fakta telah membuktikan bahwa banyak kerugian terjadi karena ketidakjujuran. Korupsi tumbuh subur bahkan semakin mengurat nadi dalam bumi pertiwi. Modus operandi sangat variatif supaya budaya korupsi tetap dilanjutkan.

Pertanyaannya ialah mengapa semua itu bisa terjadi di tengah bangsa yang hidup beragamanya kuat? Jawabannya ialah karakter kejujuran tidak lagi menjadi nomor satu di negara ini. Selama kejujuran tidak diutamakan dan menjadi gaya hidup, sampai kapan pun, negeri kita sulit mengentaskan korupsi. Bukan pesimis, tapi akal sehat kita bisa menduganya.

Kedua, DAPAT DIANDALKAN

Selain karakter kejujuran, dibutuhkan juga karakter bisa diandalkan dalam profesi sebagai bendahara. Tentu ini ada relasinya dengan skill dan kompetensi. Bendahara yang baik harus punya kompetensi. Ada keahlian khusus dalam mengelola keuangan organisasi atau perusahaan. Organisasi atau perusahaan akan mengandalkan bendahara yang punya skill dan kompetensi lebih atau di atas rata-rata untuk memanajemen seluruh aliran keuangan, yang masuk maupun keluar.

Ketiga, DAPAT DIPERCAYA

Dapat dipercaya merupakan modal penting bagi seorang bendahara. Karakter ini harus terus ditumbuhkembangkan selama hidup. Karakter ini juga menjadi jaminan seorang bendahara akan terus berkembang dalam karirnya. Kalau seseorang dipercaya, ia tidak perlu punya modal besar dalam bekerja. Orang akan mempercayainya. Dengan demikian, ia akan mengembangkan usahanya.

Disadur seperlunya dari majalah bahana edisi Maret 2011, Vol.239 dan ditambah oleh penulis.

Cari Blog Ini

Memuat...